-->

Persyaratan Pengambilan sertifikat AFF


Kalau kemari kita sempat membahas persyaratan pengambilan sertifikat SAT, maka sekarang kita akan membahas tentang bagaimana persyaratan pengambilan sertifikat AFF.

AFF juga merupakan salah satu persyaratan sertifikat pendukung, jika sobat hendak mengambil RATING (dasar).

Jadi setelah selesai pengambilan sertifikat BST, SAT, saya sarankan agar mengambil sertifikat AFF juga. Tujuannya, untuk mempersingkat waktu, ketika pengambilan Rating, 

Dan bila sudah punya ketiga sertifikat ini yaitu; BST, AFF, & SAT, maka sobat tinggal menunggu waktu 6 bulan ( sambil bekerja di atas kapal ). 

   Jangan lupa bila bekerja di atas kapal, dan sobat berkehendak untuk mengambil dasar, saya sarankan untuk sing on / of-nya jangan disijil selain AB. 

Apapun posisi sobat di kapal jangan pernah mau buku pelaut-nya disijil selain AB, kalau perlu dibicarakan  sama bagian perusahaan terlebih dahulu sebelum menandatangani kontrak. 

Disebabkan jika pengalaman layar selain dari pada AB, sedikit tidak berfungsi masa layarnya untuk pengambilan Rating, dan tentunya akan merepotkan sobat nantinya.


Persyaratan-nya

Sama saja pengambilan sertifikat SAT. Untuk persyaratan pengambilan Sertifikat SAT silahkan klik di sini.

Berkas yang harus disediakan atau foto copy

  1. BST
  2. AKTE KELAHIRAN,
  3. KTP, dan
  4. IJAZAH TERAKHIR.
Jangan lupa bawa aslinya, disebabkan pada saat pemeriksaan berkas, diharuskan memperlihatkan aslinya, di depan bagian verifikasi berkas.

Pembayaran / harga  :

  • Urus sendiri / daftar sendiri sekitar 2 juta (angka bisa berubah kapan saja).

  • Pakai pengurus sekitar 2,5 juta (atau tergantung)

Tujuan sertifikat:

  • Memberikan kecakapan kepada calon pelaut untuk menanggulangi keadaan darurat jika terjadi kebakaran diatas kapal.

  • Sertifikat pendukung untuk pengambilan Sertifikat Rating

Saya rasa cukup sampai di sini saja dulu sobat, kalau ada yang salah ketik atau gagasan saya ada yang salah saya mohon agar dibenarkan di kolom komentar.

 Terima kasih, dan ketemu lagi di artikel Persyaratan Pengambilan Sertifikat Rating.
Wassalam....

OD Riadi
Hai, saya akan berterimakasih sekali jika berkenang memberikan tanggapan atau komentar perihal artikel ini. Bila sempat, mohon bagikan ke sosmed berikut, supaya teman kamu juga tahu.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter